21 November 2023

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Buat Ngonten Auto-Share Sosmed!

Menjadi Content Creator sekarang tidak terlalu membutuhakan skill cinematography professional untuk membuat konten.

Bahkan Anda tidak perlu membuat video panjang-panjang, karena reels Instagram saja hanya berdurasi maksimal 90 detik.

Menjadi Content Creator kini dapat dimudahkan dengan beragam aplikasi yang bisa langsung di-download di hape!

Mungkin buat Anda seorang business owner usaha kecil-kecilan bisa langsung coba merangkap deh! 

Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Hape Android

Buat Anda pengguna Android, dapat langsung download aplikasi edit video di bawah ini!

1. FilmoraGo

Rekomendasi aplikasi edit video di Android pertama yang bisa Anda coba adalah FilmoraGo !

Aplikasi ini gratis, namun beberapa item mengharuskan Anda untuk membelinya dengan harga Rp12.000 sampai Rp50.000

Keuntungan untuk membeli fitur berbayar tersebut seperti menghapus watermark. Fitur dasar pengeditan lainnya seperti crop dan cut.

Selanjutnya Anda dapat mengubah resolusi gambar menjadi 1:1 untuk seukuran square Instagram atau 16:9 untuk seukuran reels Instagram.

Fitur lainnya yang mudah diaplikasikan seperti reverse video, setting speed, transition effect, filter, text dan kustom warna title.

2. KineMaster

Aplikasi edit video di Android rekomendasi kedua adalah KineMaster! Termasuk salah satu yang paling populer.

Aplikasi ini mudah digunakan dan tidak memakan banyak memori, hanya berukuran 95 mb, dan pastinya free!

Tersedia juga package berbayar untuk menghapus watermark dan iklan yang berseliweran. Sedangkan untuk basic fitures, antara lain seperti multiple layers video, insert gambar, dan text.

Anda juga bisa melakukan cutting dan trimming, penambahan multitrack audio dan LUT filter. Kelebihannya di KineMaster, kamu dapat menambahkan efek transisi 3D jadi hasil editnya lebih keren.

Format yang bisa dipakai saat meng-convert video adalah MP4, MOV, dan 3GP.

Buat bikin aplikasi ini lebih lucu, KineMaster juga menyediakan stickers, special effects, blending mode, voiceover, dan music background.

3. Viva Video

Kalau Anda ingin menghasilkan video editan dengan format yang lebih bagus lagi, bisa coba Viva Video!

Video yang dihasilkan resolusinya bisa 720p, 1080p, hingga 4K ! Wah, udah berasa bikin film beneran, bikin foto produk juga jadi tampak lebih professional.

Menggunakan Viva Video, Anda bisa melakukan basic editing seperti menggabungkan beberapa video, cutting & trimming, memasukkan effects dan music background.

Fitur unggulan lainnya, yaitu kemudahan Anda untuk membuat efek blur atau bokeh pada video Anda. Viva Video cocok banget untuk mengedit video tutorial.

4. YouCut

Keunggulan aplikasi YouCut sebagai editor video, yaitu dapat mereduksi ukuran video, tapi tetap dalam kualitas tinggi.

Aplikasi ini sangat dibutuhkan jika kapasitas memori hape Anda terlalu kecil, karena YouCut memiliki fitur untuk mereduksi ukuran file video, tanpa mengurangi kualitasnya.

YouCut juga tidak menampilkan watermark. Basic editing yang dapat dilakukan seperti cutting, trimming, merging, split, dan compress.

Anda juga dapat mengontrol speed video dari kecepatan 0.5x hingga 2.0x

Selain video, YouCut juga biasa digunakan sebagai aplikasi untuk membuat slideshow foto-foto. Dengan penambahan teks, music, dan filter tentunya konten jadi semakin menarik.

5. PowerDirector Video Editor

Aplikasi editor video untuk Android yang terakhir adalah PowerDirector! Aplikasi ini juga mudah digunakan, bahkan bisa mengedit video berukuran 4K.

Features yang disediakan seperti video editing, kolase, video effect, penambahan music background, hingga membuat video animasi.

Yang membuat PowerDirector unggul dibandingkan aplikasi video editor lainnya adalah hadirnya fitur chroma key yang dapat membuat green screen pada background video yang sedang diedit.

Tersedia juga fitur stabilizer untuk meminimalisir shaking pada video

Penerapan color editor yang tersedia mulai dari setting brightness, contrast, dan saturation. Sedangkan untuk fitur basic video editing seperti cropping, slow motion, dan rotate video.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Hape iPhone

Bagi Anda pengguna iPhone, berikut rekomendasi video editor pada iPhone yang dapat di-install secara gratis.

1. VN

Rekomendasi aplikasi edit video di iPhone pertama adalah VN. Aplikasi ini sangat simple, dan hasil dari editing video tidak aka nada watermark-nya. 

Aplikasi ini juga gratis, sangat cocok untuk mengedit video vlogging. Bahkan VN bukan hanya digunakan oleh pemula, tapi juga digunakan oleh professional!

Aplikasi ini juga memberikan fitur green screen untuk menghapus background dari video

Basic video editing yang disediakan seperti cropping, trimming, split, music background, sound effects, dan subtitle tools!

Anda bahkan bisa memberikan efek pada setiap teksnya!

2. Splice

Kalau Anda senang mengatur warna visual video, maka Splice bisa menjadi pilihan!

Terdapat fitur chroma key & masking di dalamnya!

Tampilannya juga mudah untuk digunakan. Bebas iklan, meski tidak berbayar, bahkan hasil editan video tidak ada watermark! 

Splice tidak hanya dapat di-install pada iPhone, bagi Anda pengguna Android, aplikasi ini juga available di Google Play.

Basic video editing tools yang ada di Splice, seperti trimming, slow motion, dan overlay. Anda juga dapat mengatur gambar seperti exposure, contrast, dan saturation.

Splice tidak hanya digunakan oleh pemula, tapi juga professional! Anda dapat menggunakan Ken Burns Effect untuk membuat animasi.

3. Unfold: Reels and Story Editors

Cocok banget buat bisnis yang aktif di Instagram! Aplikasi ini didesain untuk mengedit video khusus reels dan story! 

Tidak perlu waktu lama untuk mengedit, Anda bisa langsung menggabungkan semua clip video menggunakan lebih dari 400 pilihan template reels yang disediakan.

Anda juga dapat melakukan preview video saat dimasukkan ke Instagram Feed Anda! Tambahkan effects dan filters untuk kesan yang lebih fun!

Bahkan bagi Anda penggiat crypto, bisa mengubah video ini menjadi asset NFT! Lebih asiknya lagi, Anda dapat mengakses pilihan-pilihan fonts yang unik.

4. Adobe Premiere Rus

Nah, sekarang buat mengedit video menggunakan Adobe Premiere bisa lewat hape! Nama aplikasinya adalah Adobe Premiere Rush!

Aplkasi ini free dan punya banyak features. Aplikasi ini memudahkan Content Creator untuk mengedit konten-konten videonya dan mudah untuk langsung share ke sosmed.

Anda bisa langsung merekam video langsung dari aplikasinya dengan kualitas pro! Langsung aja deh editnya di tempat yang sama

Kesimpulan

Baik Anda merupakan pengguna iPhone dan Android, sekarang aplikasi video editor yang bagus-bagus dapat diakses di kedua hape tersebut.

Sebagai pengusaha UMKM, mungkin bukan menjadi pekerjaan yang sulit sebagai video editor jika hanya dapat dilakukan dalam genggaman tangan.

Untuk mengembangkan bisnis secara lebih maksimal, mulai bangun bisnis Anda dengan website!

Temukan jasa Web Developer terpercaya untuk Anda sekarang juga! Anda dapat mengunjungi website Imajiku untuk memperoleh layanan terbaik dalam website development. 

Imajiku berkomitmen memberikan bantuan bagi bisnis Anda untuk terus berkembang! Hadirkan tampilan website menarik, dan layanan optimasi digital lainnya seperti Google Suite, AWS Cloud, dan WA Blast!

Hubungi kami sekarang!

+628112640811 (WA/Call)

+62817756657 (Call Only)