10 November 2023

AI untuk Web Developer: Bagaimana Masa Depan Web Development?

Sekarang ini segala pekerjaan manusia di kantor bisa dibantu oleh tenaga artificial intelligence (AI).

Robot-robot yang selama ini hanya bisa kita saksikan di film-film luar angkasa sekarang bisa menjadi kenyataan untuk turut membantu membangun bisnis.

Terutama pada strategi digital marketing pengembangan web, yang kompetisinya semakin sulit di search engine.

Para business owner mulai merancang user experience untuk memaksimalkan kinerja web, membuat audiens semakin tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Berbagai jenis teknologi AI, seperti VR, IoT, dan Social Media dengan jelas telah membantu pengembangan web dalam user experience.

Pastinya, teknologi AI membantu mencari tahu masalah personalisasi web serta solusi terbaik apa yang harus dilakukan.

Web Development dan Artificial Intelligence

Business Owner mungkin juga sudah tahu semuanya, betapa sebuah website dapat membantu bisnis berkembang dan memperluas jangkauan pasarnya.

Berikut ini beberapa strategi digital yang dapat diaplikasikan dengan menggunakan bantuan teknologi AI.

1. Chatbot

Kegunaan Chatbot sebagai teknologi AI yaitu untuk memudahkan customers untuk memperoleh informasi atau berkomunikasi dengan pihak perusahaan.

Biasanya customers ini akan menyampaikan keluhan dan kritiknya. Biasanya jasa customer service ini dilakukan oleh manusia, namun sekarang pekerjaan tersebut bisa digantikan oleh Chatbot.

Bots ini akan belajar untuk mengerti prompt dari manusia, atau mengerti feelings dari manusia. Biasanya prompt sudah diatur berdasar pertanyaan yang sering diajukan oleh customers.

Secara otomatis Chatbot tersebut akan membalas pesan dari customer. Chatbot dapat available 24 jam penuh, dibandingkan manusia yang memilki jam kerja terbatas.

2. User Experience

Saat membuat website, memaksimalkan user experience juga dapat dibantu oleh AI. Beberapa tools di site dapat mengerti emosi dari customers, mengetahui apa sebenarnya yang mereka butuhkan.

Mulai dari melakukan analisis, audiens, dapat membantu memprediksi elemen apa dari user experience yang harus dioptimalkan.

Error dapat diminimalisir, serta user dapat memperoleh pengalaman terbaik mereka.

3. Voice-Based Search

Teknologi inovatif lainnya untuk web development menggunakan teknologi AI adalah voice-based search. Contohnya seperti Google Assistant dan Siri.

Teknologi ini sangat memudahkan bagi user untuk mencari informasi tertentu tanpa perlu mengetikkannya, memberikan pengalaman menarik.

Teknologi ini biasa digunakan pada platform online shopping dan e-commerce. 

4. AI User Store Experience

Teknologi AI juga dapat membantu business owner dari online store untuk mempersonalisasi toko online-nya untuk memberikan pengalaman berarti kepada user.

Anda dapat menyewa jasa web developer untuk memaksimalkan personalisasi website, seperti meningkatkan engagement dan komunikasi ke level baru.

Pembeli dapat memperoleh pengalaman belanja seperti dilayani oleh manusia sungguhan, bahkan memahami keinginan mereka.

Keuntungan Menggunakan AI Pada Website Development

Menurut penelitian, user internet lebih cenderung mencari produk langsung di web e-commerce untuk perusahaan dibandingkan mencari di search engine, seperti Google.

Hal ini membuat jasa pengembangan web berkembang pesat di zaman sekarang. 

Strategi menggunakan elemen-elemen AI pun turut diaplikasikan untuk memberikan pengalaman belanja yang lancar kepada user.

Berikut keuntungan menggunakan teknologi AI untuk web development.

1. Meningkatkan Interaksi

Chatbot membantu meningkatkan kualitas komunikasi dengan pelanggan, dengan respons jawaban yang alami.

Pertanyaan yang dijawab pun bisa sampai yang paling kompleks sekalipun. 

2. Mencari Informasi Lebih Mudah

Pelanggan senang dengan perolehan informasi yang lebih mudah, secara lebih cepat. Itulah kenapa voice-based bisa menjadi pilihan tepat!

Sekarang orang-orang udah banyak menggunakan aplikasi seperti Google Assistant, Siri, dan Cortona karena lebih efektif.

3. Pengalaman Belanja Lebih Personal

Kalau Anda tidak ingin kalah saing dengan competitor Anda, maka ini saatnya memberikan pengalaman baru bagi pelanggan Anda!

Anda dapat mengimplementasi AI di toko online Anda untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih personal.

Buat website e-commerce Anda sendiri dengan bantuan AI, belanja online jad terasa lebih real!

4. Marketing Strategy

Dengan bantuan AI, business owner dapat mengetahui lebih cepat prediksi strategi pemasaran yang lagi trending serta teknologi terbaru.

Business owner dapat terbantu atas proses analisis interest dan behavior pelanggan secara lebih tepat menggunakan tools AI.

Informasi tersebut dapat terkumpul dengan rinci, sehingga kita dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan meningkatkan conversion.

5. Meningkatkan User Experience

Dengan bantuan AI, Anda jadi mengetahui lebih jauh kebutuhan pelanggan. AI akan membantu mengumpulkan preferensi pelanggan secara efektif.

Kemudian, bisnis bisa mulai mengembangkan web sesuai dengan kebutuhan audiensnya.

Gimana Cara Kerja AI Terhadap Web Development

Untuk menjadi web developer, butuh skill dan pengalaman bertahun-tahun sampai bisa memenuhi harapan client.

Perusahaan perlu beralih menggunakan AI agar mengembang web jadi lebih efektif. Kalau dulu, web developer bisa menghabiskan berjam-jam untuk memahami client.

Sekarang AI membantu web developer untuk mengotomatisasi proses kompleks ini. 

AI bisa membantu Anda memilih warna, tema, dan desain untuk website bisnis Anda. Meski begitu, Anda tetap butuh professionals seperti programmer untuk memaksimalkan kinerja website Anda.

Kesimpulan

Tinggal di era digital yang serba canggih ini membuat persaingan bisnis juga semakin ketat, karena sepertinya cara-cara tradisional sudah tidak membantu lagi.

Untuk memikirkan strategi marketing dan meningkatkan penjualan, Anda butuh bantuan yang lebih canggih seperti AI.

Beberapa pekerjaan dalam web development akan terpecahkan lebih cepat, seperti misalnya saja untuk memilih warna, tema, dan tampilan website.

Temukan jasa Web Developer terpercaya untuk Anda sekarang juga! Anda dapat mengunjungi website Imajiku untuk memperoleh layanan terbaik dalam website development. 

Imajiku berkomitmen memberikan bantuan bagi bisnis Anda untuk terus berkembang! Hadirkan tampilan website menarik, dan layanan optimasi digital lainnya seperti Google Suite, AWS Cloud, dan WA Blast!

Contact:

+628112640811 (WA/Call)

+62817756657 (Call Only)



 

Bottom of Form