13 December 2023

10 Penggunaan Artificial Intelligence dalam Bisnis

Artificial Intelligence (AI) sedang menjadi pusat perhatian dunia. 

Deep Blue, komputer yang bisa ngalahin Garry Kasparov di era 90-an dalam catur pro dalam waktu singkat. Kemampuan keren itu diprogram agar bisa bantu kerja manusia jadi makin efisien.

Dalam hal ini, AI dibagi jadi dua kategori, ada AI lemah (Weak AI) dan AI kuat (Strong AI). AI lemah didesain untuk mengerjakan tugas-tugas spesifik, seperti menjawab pertanyaan dari pengguna atau main catur. 

Sementara AI kuat itu punya sistem yang mirip sama kognitif manusia. Jika AI kuat diaktifkan, sistemnya akan memberikan solusi bagus tanpa perlu campur tangan manusia. 

Robot tersebut akan belajar sendiri buat memahami masalah baru.

Ternyata kecerdasan buatan ini sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari, lho. Nah, berikut ini kita bakal bahas 10 kecerdasan buatan yang kita sering gunain sehari-hari.

Artificial Intelligence untuk Kemudahan Menjalankan Bisnis

Berikut ini manfaat artificial intelligence untuk kemudahan menjalankan bisnis Anda!

1. Desain Grafis Otomatis

Menggunakan tools AI yang pake teknologi pengenalan gambar buat buat desain grafis secara otomatis. 

Misalnya, membuat platform yang bisa ngehasilin logo, template presentasi, atau ilustrasi sesuai selera penggunanya.

2. Pengeditan Gambar Otomatis

Di bidang fotografi atau media, bisa banget bikin alat AI yang otomatis edit gambar. 

Menggunakan algoritma AI, bisa ditingkatin kualitas gambar, benerin pencahayaan, atau ngehapus objek yang nggak diinginkan.

3. Kreativitas Musik dan Seni

Salah satu teknologi Artificial Intelligence yang sering dipakai dalam industri musik dan perekaman adalah AI Voice Generator.

Tool ini dipakai untuk menggantikan suara di lagu menjadi suara orang lain. Misalnya saja TikTok, yang bisa mengunggah konten dengan AI Voice Generator untuk mengubah lagu seperti layaknya dinyanyiin oleh suara orang lain.

4. Smart Products

Dari lampu pijar sampe thermostats, sekarang banyak produk pintar di pasaran yang didesain untuk bikin kehidupan lebih mudah dan efisien, dan banyak dari mereka memiliki artificial intelligence.

Pada Agustus 2020, iRobot, pembuat Roomba, ngumumin "platform baru berbasis kecerdasan buatan yang dikenal sebagai iRobot Genius Home Intelligence," menurut The Verge.

Jika dulu vacuum robot efektif yang masih belum bisa mendengarkan perintah dari manusia. Anda pencet tombol, dan vacuum akan mengerjakan tugasnya.

Sekarang dengan artificial inteliigence, pengguna bisa lebih spesifik tentang apa yang mereka mau.

iRobot mengembangkannya dan menambahkan fitur pemetaan ruangan, yang memungkinkan titik permbersihan yang lebih spesifik.

Produk pintar lainnya, Ecovacs Deebot Ozmo, memiliki kemampuan vakum (dry cleaning) dan pel (wet cleaning) lantai sekaligus.

5. Helpdesk Chatbots

Chatbot memiliki kemampuan untuk mengobrol dengan manusia layaknya percakapan nyata. Biasanya penggunanya akan berinteraksi dengan chatbot melalui chat atau telepon.

Respon dari chatbot tersebut telah di-set dan diterjemahkan ke Bahasa sesuai yang digunakan penggunanya.

Menurut UC Today, ada tiga jenis chatbot yang umum:

  • Berbasis Aturan 

Chatbot ini memberikan jawaban yang udah ditentuin buat pertanyaan tertentu.

  • Pintar 

Bot memakai pembelajaran mesin untuk memperoleh info dari pengguna; mereka dilatih untuk mengerti kata-kata dan frasa dan makin canggih seiring waktu karena mereka ngerti lebih banyak pertanyaan.

  • Berbasis Kecerdasan Buatan 

Bot ini gabungan dari dua yang sebelumnya dan bisa mengingat konteks percakapan dan mengerti preferensi pengguna. 

Bot ini menggunakan kombinasi pemrosesan bahasa alami, pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan buat ngerti pelanggan.

SmallBizGenius ngeestimasi kalo chatbot bisa ngurangin biaya operasional sampe 30% dan bahwa 85% interaksi dengan konsumen bakal ditangani tanpa campur tangan manusia sampe 2021. 

6. Facial Recognition Technology

Teknologi facial recognition akan bekerja dengan mengenali wajah Anda saat diambil dalam foto, 

Faktor kuncinya termasuk jarak antara mata Anda dan jarak dari dahi Anda ke dagu Anda. 

Perangkat lunak mengidentifikasi "titik acuan wajah," dan hasilnya adalah "tanda tangan wajah" Anda, yang merupakan rumus matematis yang dibandingkan dengan database wajah yang dikenal.

Pengenalan wajah digunakan oleh banyak organisasi dan untuk berbagai alasan, termasuk:

  • Pemerintah AS di bandara 

  • Penegak hukum 

  • Perusahaan media sosial, seperti Facebook 

  • Pemasar dan pengiklan

7. Customer Relationship Management System

Beberapa orang mungkin memiliki kekhawatiran besar kalau artificial intelligence akan menggantikan kebutuhan akan karyawan manusia. 

Meskipun ada kebenaran sedikit dalam pola pikir tersebut, namun sebenyar tergantung pada industri dan perusahaan tertentu.

Nyatanya Forbes menyatakan bahwa AI sebenarnya hanya berjanji untuk meningkatkan kinerja manusia, bukan justru menggantikan posisi manusia dalam pekerjaannya.

Ketika berbicara tentang CRM, AI dapat digunakan dengan data dan integrasi, ditambah dengan "analisis sentimen" yang dapat menganalisis percakapan pelanggan untuk menentukan perasaan mereka.

Business News Daily menjelaskan bahwa AI dapat membantu mengubah sistem CRM menjadi "sistem yang memperbarui diri sendiri, mengoreksi kesalahan secara otomatis, dan tetap mengelola hubungan Anda dengan pelanggan.”

8. Forecasting dan Budgeting

Alat kecerdasan buatan dapat menganalisis data keuangan untuk membuat prediksi. 

AI dapat memproses volume besar data kinerja historis, termasuk tren pasar, indikator ekonomi, dan metrik khusus perusahaan, untuk menghasilkan prediksi tentang tren atau hasil masa depan.

Sebagai hasilnya, AI dapat membantu memberikan informasi untuk pengambilan keputusan perencanaan anggaran dan alokasi sumber daya yang lebih baik, sambil meminimalkan potensi risiko keuangan.

9. Real Time Data Analysis

Tim keuangan dan organisasi layanan keuangan mengelola jumlah data dalam jumlah banyaak.

Artificial Intelligence dapat secara otomatis memproses volume besar data dan mengidentifikasi pola dan tren, menghemat waktu dan menemukan wawasan yang mungkin terlewatkan.

Wawasan ini membantu profesional keuangan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data terkait manajemen kredit, perhitungan risiko, pemeriksaan calon peminjam, dan penentuan investasi.

10. Manajemen Keuangan Secara Real Time

Kecerdasan buatan dapat membantu otomatisasi pemeriksaan kepatuhan dan menjaga catatan transaksi dan aktivitas keuangan secara real-time, sehingga dapat mengurangi risiko pelanggaran regulasi dan denda secara keseluruhan.

Bagaimana Perusahaan Memanfaatkan Artificial Intelligence?

Kami sudah menyebutkan banyak bisnis yang menggunakan kecerdasan buatan, tapi berikut adalah contoh-contoh lainnya:

1. Under Amour

Aplikasi Under Armour menggunakan kecerdasan buatan untuk mengumpulkan informasi kesehatan tentang aktivitas fisik, tidur, dan pola makan guna memberikan rekomendasi pribadi tentang latihan dan tujuan kesehatan.

2. Amazon

Amazon menggunakan artificial intelligence untuk melacak behavior pelanggan dan menentukan berapa banyak unit produk tertentu yang diantisipasi pelanggan untuk dibeli, menurut Feedvisor.

3. Sesame Street dan IBM

Sesame Street dan IBM bermitra untuk membuat aplikasi pembelajaran kosakata berbasis artificial intelligence. Hilton Hotels menggunakan robot concierge bernama "Connie" untuk menyambut tamu.

4. Apple

Apple menggunakan artificial intelligence dalam berbagai produk mereka, termasuk fitur FaceID pada iPhone, Apple Watch, AirPods, dan speaker pintar HomePod, menurut Forbes.

5. Facebook

Facebook mempekerjakan artificial intelligence dan deep learning untuk mengidentifikasi orang dalam foto dan juga mengenali serta menghapus gambar yang tidak pantas.

Kesimpulan

Dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan di seluruh bisnis Anda, tim Anda dapat menghemat waktu, mengurangi biaya, memanfaatkan data canggih untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, dan memberdayakan anggota tim Anda untuk fokus pada prioritas strategis yang lebih tinggi.

Jika Anda bermaksud untuk mengembangkan bisnis Anda melalui saluran digital, maka dimulai dari pembuatan website bagi brand Anda!

Temukan jasa Web Developer terpercaya untuk Anda sekarang juga! Anda dapat mengunjungi website Imajiku untuk memperoleh layanan terbaik dalam website development. 

Imajiku berkomitmen memberikan bantuan bagi bisnis Anda untuk terus berkembang! Hadirkan tampilan website menarik, dan layanan optimasi digital lainnya seperti Google Suite, AWS Cloud, dan WA Blast!