07 December 2023

10 Brand Besar dengan Omnichannel Marketing! Semakin Engage Sama Customer!

Omnichannel marketing berfokus pada memperkenalkan merek, menyampaikan pesan, dan menciptakan pengalaman yang konsisten bagi pelanggan di berbagai saluran, seperti media cetak, platform online, dan toko fisik.

Pelanggan dapat berinteraksi dengan merek melalui berbagai cara, seperti blog, tweet, SMS, atau unggahan Facebook. 

Di saat orang-orang mulai beralih dari melihat iklan cetak ke social media atau website untuk belanja, mereka akan memperoleh pengalaman yang sesuai dengan identitas brand tersebut.

Ketika pengunjung tidak menemukan identitas yang tidak sama antara satu channel dengan channel lainnya, maka kemungkinan besar pengunjung tidak akan tertarik lagi.

Baca juga: Manfaat Digital Marketing untuk UMKM serta Strategi Digitalnya!

Apa Itu Omnichannel Marketing?

Omnichannel itu seperti saluran komunikasi yang super lengkap, menggabungkan berbagai cara komunikasi menjadi satu paket. 

Tidak hanya mengejar saluran komunikasinya aja, omnichannel juga mengejar agar interaksinya bersama konsumen lebih konsisten dan saling nyambung.

Bisa dibilang omnichannel marketing merupakan pengembangan dari multichannel marketing, dengan tujuan agar interaksi semakin kuat dan pelanggan semakin loyal.

Dengan strategi omnichannel marketing, brand dapat mengintegrasikan berbagai platform pemasaran, membina loyalitas pelanggan, dan menjalin komunikasi jangka panjang.

Apapun channel yang dimiliki pelanggan, brand tetap bisa berinteraksi!

Brand yang Menerapkan Strategi Omnichannel Marketing

Beberapa brand populer telah berhasil menerapkan strategi ini dan dengan mulus mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi, seperti toko fisik, online, aplikasi, dan media sosial. Apa saja nama brand  tersebut?

1. Starbucks

Coba download aplikasi Starbucks di smartphone Anda! Selain bisa dapetin berbagai promo menatik, pengalaman belanja di Starbucks jadi lebih berkesan!

Setiap kali pelanggan membeli pesanan, maka mereka akan memperoleh poin yang bisa dikumpulkan, lalu nantinya bisa ditukarkan lagi dengan produk secara gratis!

Bahkan, Anda tidak perlu mengantri lagi karena bisa pre-order melalui aplikasi Starbucks tersebut! Jadi lebih efisien dan tidak perlu menunggu lama.

Selain via digital, Anda juga bisa mengajukan membership lewat kartu fisik member-nya. Gak salah Starbucks jadi tempat ngopi favorit gen Z !

2. Sephora

Sephora merupakan retailer kecantikan paling populer, bahkan sering masuk ke daftar merk dengan strategi omnichannel marketing terbaik!

Sephora sudah berhasil memberikan pengalaman belanja online maupun offline kepada para pelanggannya yang sangat berarti.

Para sales people Sephora akan membantu Anda, memberikan makeover gratis, hingga bebas untuk mencoba produk.

Secara online, pelanggan dapat menggunakan akun Beauty Bag mereka untuk melacak pembelian, menyimpan daftar keinginan, melihat tutorial, memindai produk ketika berada di toko offline, dan banyak lagi. 

3. Nike

Nike, yang sepatunya keren banget, berhasil nyatuin semua cara mereka promosi, mulai dari website sampai aplikasi di hp. 

Makanya, mereka bisa bikin iklan yang bener-bener terasa personal dan relate buat para pelanggannya. 

4. Apple

Sukses menjadi brand teknologi nomor satu dunia, mungkin Anda penasaran strategi pemasaran apa yang dilakukan oleh Tim Cook!

Ternyata Apple juga menerapkan strategi pemasaran omnichannel marketing! Segala platform marketing dimanfaatkan secara maksimal, mulai dari toko fisik, website e-commerce, aplikasi, hingga social media!

Mereka juga memiliki program loyalitas untuk para pelanggannya seperti Apple Card. Setiap kali pelanggan membeli dengan memakai kartu tersebut, maka pelanggan akan mengumpulkan poin reward!

Keuntungan lainnya, pelangga juga bsia mendapatkan bonus diskon dan cashback.

5. Tokopedia

Selanjutnya ada brand e-commerce lokal yang juga menggunakan strategi omnichannel marketing, yaitu Tokopedia!

Tokopedia banyak mengumpulkan data-data konsumernya melalui berbagai platform!

Data-data konsumer tersebut kemudian dianalisis dengan machine learning dan AI untuk mengetahui behavior dan interest penggunanya.

Tokopedia kemudian akan mengirimkan pesan-pesan promosi melalui berbagai saluran secara lebih personal, seperti email dan Whatsapp.

Dengan lebih memahami konsumer, hubungan yang terjalin antara brand dengan konsumer juga semakin kuat dan menjadikan konsumer pelanggan yang loyal.

Selain itu, omnichannel juga bantu banget buat bikin pengalaman belanja di Tokopedia jadi lebih bermakna. 

Lihat aja, buktinya Tokopedia punya banyak pengguna di seluruh Indonesia! Dengan jutaan pedagang menyediakan berbagai produk digital yang mencapai 35 jenis! 

6. Bank BNI

Salah satu bank milik pemerintah yang sudah berdiri sejak zaman Indonesia merdeka, perusahaan bank nasional seperti BNI juga gak kalah buat menerapkan strategi Digital Marketing, seperti omnichannel.

BNI sudah dikenal sejak tahun 2018 dengan strategi omnichannel marketing mereka. Tujuannya sederhana, membuat perusahaan perbankang tersebut lebih maju dan mengikuti perkembangan zaman.

Teknologi omnichannel BNI awalnya adalah service architecture (SOA), sekarang sudah ada aplikasi dan website-nya juga dibuat menjadi lebih user-friendly.

Baca juga: Keuntungan Social Media Ads Bikin Bisnis Semakin Kekinian

7. Zara

Brand fashion dunia yang juga menerapkan omnichannel marketing, adalah Zara. Zara memiliki toko belanja offline, aplikasi di hape, hingga social media buat memudahkan pelanggannya berinteraksi.

Bahkan tersedia juga fitur click and collect, dimana pelanggannya bisa memilih barangnya di aplikasi, tapi bisa langsung ambil di store offline.

Pengalaman belanja ini tentu bisa menjadi berarti bagi para pelanggannya Zara.

8. Singapore Airlines

Bukan cuma retail, perusahaan penerbangan juga bisa sukses pake trik pemasaran omnichannel. Contohnya, Singapore Airlines, maskapai yang selalu inovatif dalam mengambangkan ide-ide kreatif mereka.

Singapore Airlines bekerja sama pusat belanja yang memiliki sistem terintegrasi AOE. 

Memudahkan pelanggannya untuk membeli tiket, pre-order, hingga memperoleh reward loyalty juga jadi lebih mudah

9. Disney

Siapa yang gak kenal sama Disneyland dan Disney Park? Nah, Disney ini bisa dibilang berhasil pemasaran omnichannel miliknya!

Pengunjung akan memulai pengalaman dimulai dari situs web, lalu dilanjutin dengan aplikasi My Disney Experience.

Pada aplikais tersebut, pelanggan dapat membuat rencana pada setiap detil perjalanannya. 

Begitu sampe taman rekreasi, Anda masih bisa menggunakan aplikasi tersebut buat mencari tahu wahana-wahana dan atraksi, bahkan melihat estimasi waktu antrean buat wahana-wahana keren.

Pengunjung juga akan memperoleh MagicBand, bentuknya seperti gelang yang dapat dipakai untuk:

  • Masuk ke area Disney.

  • Buka pintu kamar hotel.

  • Check-in di pintu masuk FastPass buat wahana.

  • Bayar makanan dan barang-barang di kamar hotel.

Jadi, semuanya jadi lebih simpel dan seru buat pengunjung! 

10. Timberland

Kalau Anda merupakan penggemarnya sepatu boots, maka pasti sudah tahu sama brand Timberland satu ini!

Brand fashion satu ini, memang terkenal sekali dengan produk sepatu boots-nya!

Timberlang menyediakan akses informasi secara online dan pengalaman belanja offline yang cukup berarti bagi para pelanggannya.

Misalnya saja, mereka memberikan teknologi komunikasi jarak dekat seperti Near Field Communication (NFC).

Di toko offline, Timberland memberikan fitur touch wall, yang dapat menunjukkan detail produk yang dijual. 

Timberland juga pakai mesin rekomendasi produk, sehingga memudahkan pelanggan dapetin eksposur ke produk yang mungkin belum diketahui, tapi siapa tahu cocok!

Kesimpulan

Mulai dari Starbucks, Tokopedia, Bank BNI, Zara, hingga Disney dan Timberland!

Semuanya telah menggunakan pendekatan omnichannel marketing untuk meningkatkan kualitas interaksi dengan pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih baik.

Penerapan omnichannel marketing terbukti berhasil tidak hanya dalam sektor ritel, tetapi juga dalam industri perbankan, penerbangan, dan fashion. 

Perusahaan-perusahaan ini menggabungkan saluran online, fisik, aplikasi, dan social media untuk menciptakan pengalaman yang lebih terintegrasi dan mudah bagi konsumen.

Temukan jasa Web Developer terpercaya untuk Anda sekarang juga! Anda dapat mengunjungi website Imajiku untuk memperoleh layanan terbaik dalam website development. 

Imajiku berkomitmen memberikan bantuan bagi bisnis Anda untuk terus berkembang! Hadirkan tampilan website menarik, dan layanan optimasi digital lainnya seperti Google Suite, AWS Cloud, dan WA Blast!